Senin, 01 Juni 2009

VITAMIN DAN MINERAL

VITAMIN DAN MINERAL
Vitamin dan mineral adalah sekelompok zat yang kita perlukan dalam jumlah relatif kecil untuk menjaga kesehatan tubuh. Secara kimia vitamin adalah senyawa organik, mempunyai rumus kimia dengan atom C dan strukturnya rumit. Mineral adalah senyawa anorganik, mempunyai rumus kimia tanpa atom C dan strukturnya sederhana. Sebagian besar vitamin tidak bisa diprodusi oleh tubuh dalam jumlah cukup, sehingga harus diperoleh dari makanan atau suplemen. Dalam kelompok makanan, vitamin dan mineral termasuk sebagai mikronutrien, yang artinya mereka tidak dapat menghasilkan energi. Sedangkan karbohidrat,lemak, dan protein disebut sebagai makronutrien, yang artinya mereka dapat menghasilkan energi dengan bantuan mikronutrien.
Secara umum vitamin dan mineral bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit dengan cara:
* Membantu proses metabolisme makanan : mengubah karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan menjadi energi
* Membantu proses pertumbuhan
* Melindungi tubuh dari efek radikal bebas dan polusi
* Menjaga fungsi sistem pertahanan tubuh
* Membantu proses regenerasi sel-sel darah merah dan membantu proses pembekuan darah.
Kekurangan vitamin dan mineral dapat mengganggu proses pencernaan makanan, pembentukan energi, dan berfungsinya organ-organ tubuh secara normal. Pada wanita hamil kekurangan vitamin dan mineral dapat mengganggu proses pembentukan organ tubuh janin yang dikandungnya.
Vitanim dan mineral yang anda harapkan dari makanan mungkin tidak secara terus menerus mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari. Proses pemanasan yang terlalu lama atau terlalu sering dapat mengurangi atau merusak kandungan vitamin dan mineral dalam makanan . menu makanan yang tidak selalu memenuhi kriteria 4 sehat 5 sempurna juga membuat kebutuhan vitamin dan mineral swehari-hari tidak tercukupi. Oleh sebab itu mengkomsumsi suplemen multivitamin dan mineral setiap hari merupakan langkah alternatif terbaik.
multivitamin
Manfaat masing-masing vitamin:
Ø Vitamin A (retinol): membantu menjaga kesehatan mata, terutama untuk penglihatan di malam hari. Sumber : sayuran berdaun warna hijau, hati sapi/ayam, susu.
Ø Vitamin B1 ( thiamin ): membantu fungsi sel-sel saraf dan metabolisme karbohidrat. Sember: kacang-hijau, nasi, daging.
Ø Vitamin B2 ( riboflavin ): membantu metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Sumber: telur, susu, bayam.
Ø Vitamin B3 ( niacin ): membantu metabolisme karbohidrat. Sumber: daging, ikan, ayam.
Ø Vitamin B5 ( panthotenic acid ): membantu melepaskan hormon yang berfungsi melawan stres (vitamin antistres). Sumber: telur, ikan, keju.
Ø Vitamin B6 ( piridoxyne ): membantu metabolisme karbohidrat, protein dan lemak; membantu fungsi sel-sel saraf. Sumber: ikan, sayuran, kentang.
Ø Vitamin B9 ( folic acid ): membantu mencegah terjadinya cacat fisik / mental pada janin. Sumber: telur, susu, daging.
Ø Vitamin B12 ( cobalamin ): membantu metabolisme lemak dan karbohidrat, serta pembentukan sel darah merah. Sumber: susu, telur, daging.
Ø Vitamin C ( ascorbic acid ): membantu melindungi sel-sel tubuh dari bahaya kerusakan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sumber: jeruk, semangka, pepaya.
Ø Vitamin D ( calciferol ): membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Sumber: minyak ikan, susu dan sinar matahari.
Ø Vitamin E ( tocopherol ): mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas sehingga memperlambat proses penuaan. Sumber: biji bunga matahari, bayam, kentang manis.
mineral
Manfaat 7 mineral penting:
Ø Kalcium (Ca ): untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Sumber: susu, keju.
Ø Zat besi (Fe ): untuk pembentukan sel darah merah. Sumber: roti, hati sapi.
Ø Fosfor ( P ): untuk pertumbuhan tulang dan metabolisme lemak. Sumber: roti, ikan
Ø Iodine ( I ): membantu fungsi kelenjar tiroid. Sumber: ikan.
Ø Magnesium (mg): membantu pembentukan energi dari makanan.
Ø Selenium (Se): membantu melindungi sel dari bahaya radikal bebas yang bersifat merusak.
Ø Zinc (zn): membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
She.chc.
______________......___________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar